1.
Teori Permintaan dan Penawaran
2.
Pengertian Permintaan
Permintaan
adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga
tertentu dalam waktu tertentu. Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang
ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada
waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan :
- Harga barang itu sendiri.
- Harga barang lain yang
berkaitan.
- Tingkat pendapatan.
- Selera konsumen.
- Ekspektasi/perkiraan
Masyarakat selaku konsumen harus membeli barang atau jasa
keperluannya di pasar. Keadaan ini mengandaikan bahwa barang atau jasa itu
memiliki tingkat harga tertentu. Adanya berbagai macam harga di pasar
selanjutnya mengandaikan adanya kondisi yang mempengaruhi. Adapun unsure-unsur
yang terdapat pada permintaan yakni barang atau jasa, harga dan kondisi yang
mempengaruhi. Jadi permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang dibeli dalam
berbagai situasi dan tingkat harga.
Bunyi
hukum permintaan
Hukum ekonomi berlaku ceteris
paribus (diluar obyek yang diselidiki, keadaannya tetap tidak berubah).
Singkatnya hukum permintaan adalah :
“
Permintaan akan bertambah apabila harga turun dan akan berkurang apa bila harga
naik”.
Hukum permintaan tersebut dilatari oleh kenyataan bahwa
orang harus memenuhi kebutuhannya sebatas anggaran atau pendapatan tertentu.
Muncul masalah disini mengapa manusia harus memenuhi berbagai kebutuhan,
sementara anggaran yang dimilikinya terbatas? Alasannya, setiap benda pemenuhan
kebutuhan mempunyai kegunaan (utilitas)nya masing-masing sehingga orang akan
berupaya memenuhi kebutuhan dengan menyamakan pertambahan kegunaan (utilitas
marginal) benda pemuas kebutuhan yang dikonsumsinya.
Hukum permintaan berbunyi: apabila harga naik maka jumlah
barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka
jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan. Dalam hukum permintaan
jumlah barang yang diminta akan berbanding terbalik dengan tingkat harga
barang. Kenaikan harga barang akan menyebabkan berkurangnya jumlah barang yang
diminta, hal ini dikarenakan: naiknya harga menyebabkan turunnya daya beli
konsumen dan akan berakibat berkurangnya jumlah permintaan ssnaiknya harga
barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih
murah.
3.
Pengertian Penawaran
Penawaran adalah sejumlah barang
yang ditawarkan pada tingkat harga
tertentu dan waktu tertentu.Dalam rangka menjawab kebutuhan konsumen, pihak
produsen menyediakan berbagai barang dan jasa. Barang dan jasa hasil produksi
ini kemudian dijual kepada konsumen di pasar menurut tingkat harga tertentu.
permintaan bersangkut paut dengan pembelian dan pemakainan sedangkan penawaran
bersangkut paut dengan peneyediaan dan penjualan. Jadi penawaran adalah jumlah
barang dan jasa yang tersedia untuk dijual pada berbagai tingkat harga dan
situasi.
4.
Hukum penawaran
Hukum penawaran berbunyi: bila
tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik,
dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. Dalam
hukum penawaran jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan
tingkat harga, di hukum penawaran hanya menunjukkan hubungan searah antara
jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga
5.
Faktor faktor yang mempengaruhi
penawaran
1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
biaya pembuatan/produksi suatu
produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan
harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis
dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan
pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
2. Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan
sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin
keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin
produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang
rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah
untuk menarik minat konsumen.
3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan
harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk
akibat permintaan konsumen yang turun.
4. Ketersediaan dan harga barang
pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di
pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk
yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun
dikurangi.
5. Prediksi / perkiraan harga di masa
depan
Ketika harga jual akan naik di masa
mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output
produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik
akibat berbagai factor
6.
Keseimbangan permintaan dan
penawaran
Permintaan
adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu
tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual
atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
No comments:
Post a Comment