BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan
manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi
dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih
mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung manfaat dari berkembangnya teknologi
adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi
microsoft office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran,
mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari
microsoft office adalah mincrosoft office word.
B. Tujuan
Setelah membaca
makalah ini, semoga pembaca untuk dapat memehami cara memulai, menjalankan, dan
mengakhiri perangkat lunak microsoft office word, dapat mengoperasikan fungsi
menu-menu microsoft office word, dapat mengoperasikan perintah cetak pada
microsoft office word dan mampu menggunakan / mengaplikasikan penggunaan
microsoft office word dalam kehidupan sehari-hari.
C. Manfaat
Setelah mempelajari makalah ini, semoga pembaca dapat, Memahami
cara mengoperasikan, mengoperasikan fungsi menu-menu yang ada dan dapat menggunakan
fungsi mencetak hasil pengolahan.
BAB II
PEMBHASAN
A.
Sejarah Microssof Office Word
Sejarah Microsoft Office dan perkembangannya dari tahun ke
tahun memang perlu kita ketahui, agar kita juga tidak ketinggalan versi-versi
terbarunya. Karena tidak bisa dipungkiri lagi, dizaman sekarang
keseharian hidup kita dalam hal pekerjaan “ misalnya “ tidak lepas dari
Aplikasi perkantoran ini, seperti halnya untuk membuat surat, menginput data
karyawan, membuat karya ilmiah dan lan sebagainya, semua itu kita bisa
memanfaatkan Microsoft Office. Jadi, alangkah baiknya kita mengenal lebih jauh
tentang sejarah Microsoft Office dan perkembangannya hingga sampai saat
ini. Dalam perjalanannya, sejarah Microsoft Office banyak mengalami perubahan
dan penambahan fasilitas dari tahun pertama kali diperkenalkannya yaitu tahun
1989. Dan untuk mengenal lebih jauh serta mengikuti perkembangannya, berikut
awalmula.com kutipan dari berbagai sumber sejarah dan perkembangan Microsoft
Office.
Sejarah Microsoft Office sesuai dengan namanya, software ini
di produksi oleh perusahaan raksasa bernama Microsoft. Microsoft Office pertama
kali diperkenalkan pada tahun 1989. Pada tanggal 30 Agustus 1992, Microsoft
meluncurkan Microsoft Office versi 3.0. Pada versi tersebut
Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata,
Microsoft Exel sebagai pengolah angka, Microsoft Power Point
digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan
untuk menerima dan mengirim email.
Setelah populer dengan Microsoft Office versi 3.0,
pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan
waktu itu Microsoft meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows 95.
Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total windows versi 3.1 dan windows
3.11 for workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem
operasi PC saat itu. Sejalan perkembangan sistem operasi windows, Microsoft
Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta
digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer didunia termasuk indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an microsoft telah
meluncurkan bebrapa versi microsoft office dan sampai saat ini masih tetap
digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari
microsoft office yang masih banyak digunakan saat ini antar lain microsft
iffice 2000 microsoft office XP (2002), dan microsoft office 2007. Pada
kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan microsoft office 2003 maish
belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi
dan sisitem operasi yang juga terus berkembang , maka diluar dugaan microsoft
kembali meluncurkan microsoft office 2007 bersaam dengan windows vista.
B.
Pengertian Microsoft Office Word
Microsoft Word merupakan salah satu anggota keluarga
Microsoft Office. Microsoft Word adalah salah satu program pengolahan kata yang
paling canggih saat ini. Dengan word kita dapat membuat naskah mulai dari yang
sederhana hingga yang rumit. Selain itu banyak fasilitas word yang tidak
dimiliki oleh program sejenis.
1.
Cara menjalankan Microsoft Office Word
a.
Menjalankan
Microsoft office word
Ø Cara 1: klik tombol start, all program, Microsoft office, dan pilih
Microsoft Office word 2007
Ø Cara 2: klik tombol start run, ketikkan di kolom open winword lalu
tekan enter.
2.
Pengenalan Tampilan Microsoft Office Word
1. Pada
windows Microsoft Word
2007 yang muncul,
terdapat
beberapa tampilan
sebagai berikut (tunjukkan
dengan mouse anda masing–masing komponen berikut) :
Ø Blok judul : Menampilkan nama program dan nama file yang saat ini
sedang di buka.
Ø Minimez : Digunakan untuk memperkecil jendela menjadi tombol
program
Ø Maximez : Digunakan untuk memperbesar jendela satu layar penuh
Ø Close :
Digunakan untuk memperbesar jendela satu
Ø menu bar :Untuk
menjalankan perintah-perintah word (menu adalah kumpulan instruksi )
Ø Status Bar :Tombol-tombol
yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah word. Satu tombol sama dengan
satu perintah.
Ø Horizontal Scroll
Bar : Digunakan untuk
melihat posisi/skala secara horizontal mendatar
Ø Vertical Scroll
Bar :
Digunakan untuk melihat posisi secara vertical
tegak.
Ø Balok Gulung
Horizontal : Digunakan
untuk menggulung layar secara horizontal
kiri-kanan.
Ø Balok gulung
vertical : Digunakan untuk menggulung layar secara vertical
atas-bawah.
Ø Border :
Bingkai atau kotak dari jendela program dan di
gunakan untuk mengubah ukuran jendel secara horizontal atau vertical.
Ø Korner : Sudut jendela program, dapat digunakan untuk mengubah ukuran
jendela program secara vertical atau horizontal
Ø Dokumen Area : Tempat kita menulis atau mengedit teks atau objek-objek yang lain.
Ø Baris Status :
Menunjukkan kepada kita posisi kursor saat ini.
3.
Fungsi-Fungsi Menu Bar Pada Microsoft Word
1.
Menu file, sub menu file
New : membuka document
baru yang masih kosong
Open: membyuka
file document yang telah disimpan
Close: menutup document
Save : menyimpan
document ke media penyimpanan
Save As : menyimpan
document ke media penyimpanan dengan format lain
Save As web Page :
menyimpan dalam format file web page
Seacrh : mencari teks
tertentu dari suatu file
Versisons : untuk
mengetahui versi Ms. Word
Web page priview
: melihat tampilan dokumen dalam format web page
Page setup : mengatur
tampilan halaman yang akan di cetak
Print priview :melihat
tampilan dari dokumen yag akan di cetak
Print : mencetak
dokumen dan mengatur kerja printer
Send to :mengirim
document melalui E-mail
Propertise :mengetahui
beberapa keterangan mengenai dokument.
Exit : menutup program
Ms. Word
2.
Menu edit, sub menu edit
Undo : membatalkan
perintah yang telah dilakukan
Redo : mengulangi
perintah yang telah dilakukan
Cut :
menghapus/memindahkan teks atau objec ke clipboard
Copy : menyalin teks
atau objek yang dipilih ke clipboard
Office clipboard :
membuka isi clipboard
Paste: menempatkan
objek/ teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
Paste special :
menempatkan obek/teks pada clipboard pada posisi titik sisip berada dengan
format yang berbeda
Paste hyperlink :
menempatkan teks sebagai hyperlink
Clear : menghapus semua
data (All), format data (formats), komentar (comment), isi data (content), yang
ada pada lembar kerja
Select All: memblok
semua isi document
Find : mencari kata
dari document yang aktif
Replace : mencari dan
mengganti kata tertentu dari dokument yang sedang aktif
Go to : menujju ke
halaman
Links : mengubah sumber
link objek pada document yang aktif
Object : mengedit
object yang bukan berasal dari document word
4.
Menu view, sub menu View
Normal : menhubah
tampilan layar ke bentuk normal
Web layout : mengubah
tampilan layar dalam bentuk web view
Print layout :mengubah
tampilan layar pengetikan ke bentuk print preview
Outline : mengubah
tampilan layar ke bentuk out line view
Task pane : menampilkan
/ menyembunyikan bantuan task pane di layar
Toolbars :
menampilkan dan menyembunyikan toolbar
Ruler : menampilkan /
menyembunyikan mistar/garis pengatur
Show paragraph marks :
menampilkan simbol paragraph
Gridlines : menmpilkan
tanda garis pada lembar kerja
Document map :
menmpilkan dokumen dengan disertai peta gambar
Header footer : membuat
dan menghapus judul atas dan bawah di document
Markup : menampilkan
toolbar markup
Fullscreen :
menampilkan document dalam satu layar penuh
Zoom : menentukan
ukuran tampilan lembar kerja pada layar
5.
Menu insert, sub menu Insert
Break : menentukan
jenis perpindahan halaman
Page number : Memberi
nomor halaman
date and time :
menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
autotext :menyisipkan
kata
field : menyisipkan
field
symbol : menhyisipkan
simbol ke dalam teks
comment : mnyisipkan
komentar
reference : menyisipkan
footnote, caption, cross reference
web component :
menyisipkan komponen dari web
pictur : menyisipkan
gambar
diagram : menyisipkan
diagram
text box : menyisipkan
teks / atau gambar yang berada dalam kotak tertentu ke dalam dokumen aktif
file : menampilkan
toolbar markup
object : menyisipkan
objek ke dalam document
bookmark : menyisipkan
tanda pada suatu teks, file, atau dokumen (HTML)
6.
Menu format, sub menu format
Font : memilih jenis,
gaya, ukuran dan efek huruf yang diinginkan
Paragraph : menentukan
identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dokumen aktif
Bullets and numbering :
menyisipkan bullet dan nomer pada teks yang dipilih
Borders and shading :
memberikan bingkai pada arsiran
Columns : membuat
dokumen menjadi beberapa kolom
Tabs : menentukan batas
tabulasi di dalam document
Drop cap : memformat
teks menjadi huruf yang berukuran lebih besar dari awal paragraph
Text direction :
mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang di ketik
Change case : mengatur
teks yang di sorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
Fit text : mengatur
jarak antar huruf dan kalimat
Background : memberi
warna latar belakag pada document
Theme : mengatur format
tampilan theme yang digunakan pada halaman web
Frames : membantu tabel
daftar isi dengan menggunkan heading dari dokument dan menempatkannya di
sebelah kiri frame
Autoformat :
mengubah format yang disediakan word menjasi format dokumen baru
Style and formating :
mengubah style dan format
Reveal formating :
menampilkan teks pane reveal formatting yang berfungsi untuk menentukan format
suatu teks
Object :
memformat suatu object
7.
Menu tools, sub menu tools
Spelling and grammar :
menjalankanpemeriksaan ejaan dan tatabahsa dari teks atau paragraf dalam suatu
dokumen
Language : menjalangkan
pasilitas penerjemah bahasa
Word count : memberikan
data statistik tentang jumlah halaman, kata, karakter, paragraf dan baris yang
terdapat dalam dokumet aktif
Speech : mengubah
pembicaraan melalui microfon menjadi teks atau sebaliknya
Track changes :
menandai teks yang baru diubah sisihnya
Compare and marge
documents : membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dengan dokumen
lainnya
Protect document :
melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan document
Online collaboration :
menggandakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
Letters and mailings :
memuat surat melalui fasilitas wizard
Macro : membuat dan
menghapus macro sendiri
Template dan
add_ins : mengatur tampilan template
Autocorrect option :
memperbaiki teks secara otomatis
Costumize : menata
toolbar, menambahkan perintah baru, membuat menu dari toolbar sesuai keinginan
Options : membantu
menjawab sevekas tabulasi , yaitu view, edit, print, save, user, information,
compability, file locations, security, spelling dan grammar dan track changes
8.
Menu table, sub menu table
Draw table :
menampilkan toolbar tables dan borders untuk membuat gammbar tables
Insert : menyisipkan
tables, baris, sel dan kolom
Delete :
menghapus tabl;es, baris, sel, dan kolom
merge cells
:menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
split cell :
memecah sel menjadi beberapa sel
spilt tables :
memecah table menjadi beberapa table
table autoformat :
memformat table dengan format yang telah disediakan Ms. Word
autofot :
menentukanpenyesuaian judul windows kolom secara otomatis
heading rows repeat :
mengulang baris judul
convert : mengkorversi
teks menjadi table, atau sebaliknya
sort : mengurutkandata
ata teks
formula : menggunakan
rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
hide gridines :
menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada table
table propertise :
menampilkan kotak dialog table properties
9.
Menu window, sub menu window
New window :
menampilkan dokument yang sama dalam jendela yang beda
Arrange all : mengatur
letak dan bentuk jendela dokument yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen
yang aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
Split : membagi dokumen
yang katif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian tang berbeda dari
dokumen yang sama pada waktu bersamaan
10. Menu help, sub
menu help
Microsoft word help :
menampilakan menu help word
Show the office
assistant : menyembunyikan atau menampilkan office assistant
Office on the web :
menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office
melalui internet
Activate product
:mendeteksi aplikasi word
Detect and repair
: mendeteksi dan memperbaiki program word
About Ms. Word
:menampilkan kotak dialog tentang Ms. Word yang digunakan
4. Mengatur Halaman (Setup halaman).
a. Mengatur batas-batas
kertas (margin). Margin adalah batas tepi kertas dengan batas tepi pengetikan/area
teks. Untuk mengatur margin : menu file, Page setup, Margin.
b. Mengatur ukuran
kertas (paper size). Ukuran kertas dapat diatur
sesuai kebutuhan missal kwarto,folio,amplop atau ukuran-ukuran yang lain.
(sesuai keinginan). Untuk mengatur ukuran kertas : Menu file, Page setup, Paper
size, pilih ukuran kertas yang diinginkan.
c. Mengatur arah
persetakan (Orientation). Arah percetakan di kertas dilakukan secara vertikal/ tegak/
portrait maupun secara horizontal mendatar/landscape. Untuk mengatur arah percetakan
: Menu file, Page setup, Paper size, Orinetation, pilih Potrait atau Landscape
3.
MENGEDIT DOKUMEN
a.
Membuka File
1. Klik icon Open atau klik menu file – Open.
2. Jika folder yang terbuka belum sesuai pilihlah folder dimana
anda menyimpan file tersebut.
3. Klik nama file yang akan dibuka.
4. Klik Open.
b.
Memindah Kursor
Untuk menggerakkan kursor, ada beberapa cara yaitu :
1. Dengan mengklik lokasi/titik yang kita inginkan, maka otomatis
kursor akan pindah ke lokasi/tempat tersebut.
2. Dengan menggunakan anak panah kiri, kanan, atas atau bawah
pada keyboard
3. Memindah kursor ke awal file : Ctrl + Home
4. Memindah kursor ke akhir file : Ctrl + End
5. Memindah kursor ke awal baris : Home
6. Memindah kursor ke akhir baris : End
7. Memindah kursor ke halaman tertentu : Ctrl + G
8. Untuk melihat ke bawah 1 layar digunakan tombol page
9. Untuk melihat ke atas 1 layar dunakan tombol Page up
c.
Mengedit Teks
1. Menyisipkan teks, untuk menyisipkan teks pastikan tombol
insert dalamkeadaanon(tanda OVR dibaris status tidk aktif), letakkankursor pada
yang akan disisipi, ketik teks yang akan disisipkan.
2. Menghapus teks, blok teks yang akan dihapus, tekan tombol
del/delete untuk menghapus karakter di sebelah kanan kursor . tekan tombol
backspace untuk menghapus karakter di sebelah kiri kursor.
3. Membatalkan perintah yang pernah kita kerjakan : klik icon
undo pada toolbar.
d.
Memformat Paragraf
Perataan paragraph
1. Pilih paragraph
2. Klik : klik icon left, right, center, atau justify pada
toolbar formatting.
Dengan keyboard
Rata kiri : Ctrl + L, Rata Center : Ctrl + E , Rata kanan :
Ctrl + R, dan Rata Justify : Ctrl + J.
e.
Menyimpan File/ Dokumen
Langkah untuk
menyimpan dokumen yang telah diketik adalah:Klik Menufile, save, (atauklikicon
Save).
Keterangan :
1. Kotak Savein, digunakan untuk menentukan dimana kita
menyimpan dokumenya telah kita buat.
2. Apabila kita ingin membuat tempat/ lokasi baru dokumen yang
akan kita simpan tersebut, maka kita bisa menklik New Folder, beri nama folder
tersebut.
3. Jika nama folder sudah muncul klik kanan nama folder dimana
kita akan menyimpan file, lalu klik Open.
4. Setelah kita menentukan lokasi untuk file, klik kotak
filename, lalu ketikkan nama file.
f.
Membuka File Yang Sudah Tersimpan
1.
Klik menu file dan klik
tombol open, maka akan tampil kotak dialog open.
2.
Pilih file yang ingin
dibuka dengan menentuka letak foldernya terlebih dahulu.
3.
Klik pada nama file
yang akan dibuka.
4.
Klik tombol open, maka
file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
g.
Menutup File Dokumen
1.
Setelah menyimpan file
dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft Word, pilih menu file, klik
tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang sedang
aktif.
2.
Atau bisa dilakukan
dengan menekan tombol close pada baris menu.
h.
Mencetak dokumen
Apabila anda ingin mencetak dokumen anda, dokumen tersebut
harus sudah diaktifkan atau ditampilkan dilayar. Untuk mencetak dokumen yang
sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl + P). kotak dialog
print akan ditampilkan.
2. Pada tombol daftar pilihan nama, pilih dan klik printer
driver yang anda inginkan.
3. Anda dapat tentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara
melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range.
Klik tombol pilihan
All, jika anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
Klik tombol pilihan
selection, bila anda ingin mencetak teks yang dipilih.
4. Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari satu
kali, isilah kotak isian Number Of Copies dengan jumlah salinan yang anda
inginkan.
5. Pada tombol daftar pilihan print what, pilih dokumen bila
ingin mencetak isi dokumen.
6. Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan print.
All pages in range,
bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap.
Odd Pages, jika anda
ingin mencetak halaman ganjil saja.
Even Pages.
7. Klik Ok.
i.
Menutup Jendela Microsoft Word
Setelah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga
pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri operasi Microsoft Word
setelah terlebih dahulu kita memastikanbahwasannya dokumen sudah tersimpan
dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang telah anda
ketik dan edit terlebih dahulu, baru kemudian keluar dari Microsoft
Word.
1.
Pada jendela Microsoft
Word, pilih menu file, klik exit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2.
Pastikan bahwa dokumen
yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
3. Selain dengan menu file, menutup jendela Microsoft Word juga
dapat dilakukan dengan menklik tombol X yang terletak dipokok kanan atas dari
jendela Microsoft Word.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Di era globalisasi ini sangat di perlukan
khususnya bagi pelajar untuk menguasai ilmu computer seperti Ms. Office (Word,
Exeel dan Power Point).
2. Para pelajar khusus atau masyarakat umumnya minimal
harus tahu cara mengoprasikan computer terutam mengenai Microsoft Office Word.
3. Microsoft Office Word sebagai salah satu ilmu
komputer yang paling banyak dioprasikan diseluruh dunia.
4. Miceosoft Office Word sangat bermanfaat untuk
mengolah data baik membuat atau mengedit document.
B. Saran
Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak
menuntut perubahan ke system pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu
bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu Komputer
yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan
Negara-Negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih
dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka
penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini
sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga
dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengeti lagi mengenai apa itu
komputer dan Microsoft Office Word.
DAFTAR PUSTAKA
http ://tyaeducationcomputer.blogspot.com
/ 2008/04/makalah-microsoft-office-word.html
http ://docs.google.com /
document/d/1qXurs4vr8ntgbcd9mP0czfyB5Rmikh6v82xn9fvz8ro/edit?pli=1.
http
://nurhidayatdayat34.blogspot.com / 2013/01/makalah-microsoft-wordmicrosoft
4.html
No comments:
Post a Comment