Friday, January 3, 2014

pengenalan microsoft office word

BAB I
PENDAHULUAN

A.       LATAR BELAKANG
Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu  bagian dari microsoft office adalah mincrosoft office word.
B.      Tujuan
       Setelah membaca makalah ini, semoga pembaca untuk dapat memehami cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak microsoft office word, dapat mengoperasikan fungsi menu-menu microsoft office word, dapat mengoperasikan perintah cetak pada microsoft office word dan mampu menggunakan / mengaplikasikan penggunaan microsoft office word dalam kehidupan sehari-hari.

C.      Manfaat
Setelah mempelajari makalah ini, semoga pembaca dapat, Memahami cara mengoperasikan, mengoperasikan fungsi menu-menu yang ada dan dapat menggunakan fungsi mencetak hasil pengolahan.
BAB II
PEMBHASAN
A.    Sejarah Microssof Office Word
Sejarah Microsoft Office dan perkembangannya dari tahun ke tahun memang perlu kita ketahui, agar kita juga tidak ketinggalan versi-versi terbarunya. Karena tidak bisa dipungkiri lagi, dizaman sekarang keseharian hidup kita dalam hal pekerjaan “ misalnya “ tidak lepas dari Aplikasi perkantoran ini, seperti halnya untuk membuat surat, menginput data karyawan, membuat karya ilmiah dan lan sebagainya, semua itu kita bisa memanfaatkan Microsoft Office. Jadi, alangkah baiknya kita mengenal lebih jauh tentang sejarah Microsoft Office dan perkembangannya hingga sampai saat ini. Dalam perjalanannya, sejarah Microsoft Office banyak mengalami perubahan dan penambahan fasilitas dari tahun pertama kali diperkenalkannya yaitu tahun 1989. Dan untuk mengenal lebih jauh serta mengikuti perkembangannya, berikut awalmula.com kutipan dari berbagai sumber sejarah dan perkembangan Microsoft Office.
Sejarah Microsoft Office sesuai dengan namanya, software ini di produksi oleh perusahaan raksasa bernama Microsoft. Microsoft Office pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989. Pada tanggal 30 Agustus 1992, Microsoft meluncurkan Microsoft Office versi 3.0.  Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft  Exel sebagai pengolah angka, Microsoft Power Point digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.
Setelah populer dengan  Microsoft Office versi 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistem operasi  Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total windows versi 3.1 dan windows 3.11 for workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi PC saat itu. Sejalan perkembangan sistem operasi windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer didunia termasuk indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an microsoft telah meluncurkan bebrapa versi microsoft office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari microsoft office yang masih banyak digunakan saat ini antar lain microsft iffice 2000 microsoft office XP (2002), dan microsoft office 2007. Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan microsoft office 2003 maish belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan sisitem operasi yang juga terus berkembang , maka diluar dugaan microsoft kembali meluncurkan microsoft office 2007 bersaam dengan windows vista.
B.     Pengertian Microsoft Office Word
Microsoft Word merupakan salah satu anggota keluarga Microsoft Office. Microsoft Word adalah salah satu program pengolahan kata yang paling canggih saat ini. Dengan word kita dapat membuat naskah mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Selain itu banyak fasilitas word yang tidak dimiliki oleh program sejenis.
1.      Cara menjalankan Microsoft Office Word
a.      Menjalankan Microsoft office word
Ø  Cara 1: klik tombol start, all program, Microsoft office, dan pilih Microsoft Office word 2007
Ø  Cara 2: klik tombol start run, ketikkan di kolom open winword lalu tekan enter.
2.      Pengenalan Tampilan Microsoft Office Word
1.  Pada  windows  Microsoft  Word  2007  yang  muncul,    terdapat
beberapa  tampilan  sebagai  berikut  (tunjukkan  dengan    mouse  anda masing–masing komponen berikut) :
Ø  Blok judul      : Menampilkan nama program dan nama file yang saat ini sedang di buka.
Ø  Minimez         : Digunakan untuk memperkecil jendela menjadi tombol program
Ø  Maximez         : Digunakan untuk memperbesar jendela satu layar penuh
Ø  Close               : Digunakan untuk memperbesar jendela satu
Ø  menu bar        :Untuk menjalankan perintah-perintah word (menu adalah kumpulan instruksi )
Ø  Status Bar      :Tombol-tombol yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah word. Satu tombol sama dengan satu perintah.
Ø  Horizontal Scroll Bar : Digunakan untuk melihat posisi/skala secara horizontal mendatar
Ø  Vertical Scroll Bar    : Digunakan untuk melihat posisi secara vertical tegak.
Ø  Balok Gulung Horizontal : Digunakan untuk menggulung layar secara horizontal  kiri-kanan.
Ø  Balok gulung vertical            : Digunakan untuk menggulung layar secara vertical atas-bawah.
Ø  Border                        : Bingkai atau kotak dari jendela program dan di gunakan untuk mengubah ukuran jendel secara horizontal atau vertical.
Ø  Korner                       : Sudut jendela program, dapat digunakan untuk mengubah ukuran jendela program secara vertical atau horizontal
Ø  Dokumen Area          : Tempat kita menulis atau mengedit teks atau  objek-objek yang lain.
Ø  Baris Status                : Menunjukkan kepada kita posisi kursor saat ini.

3.      Fungsi-Fungsi Menu Bar Pada Microsoft Word
1.       Menu file, sub menu file
*      New : membuka document baru yang masih kosong
*       Open: membyuka file document yang telah disimpan
*      Close: menutup document
*      Save : menyimpan document ke media penyimpanan
*      Save As : menyimpan document ke media penyimpanan dengan format lain
*      Save As web Page : menyimpan dalam format file web page
*      Seacrh : mencari teks tertentu dari suatu file
*      Versisons : untuk mengetahui versi Ms. Word
*       Web page priview : melihat tampilan dokumen dalam format web page
*      Page setup : mengatur tampilan halaman yang akan di cetak
*      Print priview :melihat tampilan dari dokumen yag akan di cetak
*      Print : mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
*      Send to :mengirim document melalui E-mail
*      Propertise :mengetahui beberapa keterangan mengenai dokument.
*      Exit : menutup program Ms. Word

2.      Menu edit, sub menu edit
*      Undo : membatalkan perintah yang telah dilakukan
*      Redo : mengulangi perintah yang telah dilakukan
*      Cut : menghapus/memindahkan teks atau objec ke clipboard
*      Copy : menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
*      Office clipboard : membuka isi clipboard
*      Paste: menempatkan objek/ teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
*      Paste special : menempatkan obek/teks pada clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
*      Paste hyperlink : menempatkan teks sebagai hyperlink
*      Clear : menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comment), isi data (content), yang ada pada lembar kerja
*      Select All: memblok semua isi document
*      Find : mencari kata dari document yang aktif
*      Replace : mencari dan mengganti kata tertentu dari dokument yang sedang aktif
*      Go to : menujju ke halaman
*      Links : mengubah sumber link objek pada document yang aktif
*      Object : mengedit object yang bukan berasal dari document word

4.      Menu view, sub menu View
*      Normal : menhubah tampilan layar ke bentuk normal
*      Web layout : mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
*      Print layout :mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print preview
*      Outline : mengubah tampilan layar ke bentuk out line view
*      Task pane : menampilkan / menyembunyikan bantuan task pane di layar
*       Toolbars : menampilkan dan menyembunyikan toolbar
*      Ruler : menampilkan / menyembunyikan mistar/garis pengatur
*      Show paragraph marks : menampilkan simbol paragraph
*      Gridlines : menmpilkan tanda garis pada lembar kerja
*      Document map : menmpilkan dokumen dengan disertai peta gambar
*      Header footer : membuat dan menghapus judul atas dan bawah di document
*      Markup : menampilkan toolbar markup
*      Fullscreen : menampilkan document dalam satu layar penuh
*      Zoom : menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar


5.      Menu insert, sub menu Insert
*      Break : menentukan jenis perpindahan halaman
*      Page number : Memberi nomor halaman
*      date and time : menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
*      autotext :menyisipkan kata
*      field : menyisipkan field
*      symbol : menhyisipkan simbol ke dalam teks
*      comment : mnyisipkan komentar
*      reference : menyisipkan footnote, caption, cross reference
*      web component : menyisipkan komponen dari web
*      pictur : menyisipkan gambar
*      diagram : menyisipkan diagram
*      text box : menyisipkan teks / atau gambar yang berada dalam kotak tertentu ke dalam dokumen aktif
*      file : menampilkan toolbar markup
*      object : menyisipkan objek ke dalam document
*      bookmark : menyisipkan tanda pada suatu teks, file, atau dokumen (HTML)

6.      Menu format, sub menu format
*      Font : memilih jenis, gaya, ukuran dan efek huruf yang diinginkan
*      Paragraph : menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dokumen aktif
*      Bullets and numbering : menyisipkan bullet dan nomer pada teks yang dipilih
*      Borders and shading : memberikan bingkai pada arsiran
*      Columns : membuat dokumen menjadi  beberapa kolom
*      Tabs : menentukan batas tabulasi di dalam document
*      Drop cap : memformat teks menjadi huruf yang berukuran lebih besar dari awal paragraph
*      Text direction : mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang di ketik
*      Change case : mengatur teks yang di sorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
*      Fit text : mengatur jarak antar huruf dan kalimat
*      Background : memberi warna latar belakag pada document
*      Theme : mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
*      Frames : membantu tabel daftar isi dengan menggunkan heading dari dokument dan menempatkannya di sebelah kiri frame
*       Autoformat : mengubah format yang disediakan word menjasi format dokumen baru
*      Style and formating : mengubah style dan format
*      Reveal formating : menampilkan teks pane reveal formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks
*       Object : memformat suatu object

7.      Menu tools, sub menu tools
*      Spelling and grammar : menjalankanpemeriksaan ejaan dan tatabahsa dari teks atau paragraf dalam suatu dokumen
*      Language : menjalangkan pasilitas penerjemah bahasa
*      Word count : memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karakter, paragraf dan baris yang terdapat dalam dokumet aktif
*       Speech : mengubah pembicaraan melalui microfon menjadi teks atau sebaliknya
*      Track changes : menandai teks yang baru diubah sisihnya
*       Compare and marge documents : membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dengan dokumen lainnya
*      Protect document : melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan document
*      Online collaboration : menggandakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
*      Letters and mailings : memuat surat melalui fasilitas wizard
*      Macro : membuat dan menghapus macro sendiri
*       Template dan add_ins : mengatur tampilan template
*      Autocorrect option : memperbaiki teks secara otomatis
*      Costumize : menata toolbar, menambahkan perintah baru, membuat menu dari toolbar sesuai keinginan
*      Options : membantu menjawab sevekas tabulasi , yaitu view, edit, print, save, user, information, compability, file locations, security, spelling dan grammar dan track changes

8.      Menu table, sub menu table
*      Draw table : menampilkan toolbar tables dan borders untuk membuat gammbar tables
*      Insert : menyisipkan tables, baris, sel dan kolom
*       Delete : menghapus tabl;es, baris, sel, dan kolom
*      merge cells :menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
*       split cell : memecah sel menjadi beberapa sel
*       spilt tables : memecah table menjadi beberapa table
*      table autoformat : memformat table dengan format yang telah disediakan Ms. Word
*      autofot : menentukanpenyesuaian judul windows kolom secara otomatis
*      heading rows repeat : mengulang baris judul
*      convert : mengkorversi teks menjadi table, atau sebaliknya
*      sort : mengurutkandata ata teks
*      formula : menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
*      hide gridines : menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada table
*      table propertise : menampilkan kotak dialog table properties

9.      Menu window, sub menu window
*      New window : menampilkan dokument yang sama dalam jendela yang beda
*      Arrange all : mengatur letak dan bentuk jendela dokument yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen yang aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
*      Split : membagi dokumen yang katif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian tang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan

10.  Menu help, sub menu help
*      Microsoft word help : menampilakan menu help word
*      Show the office assistant : menyembunyikan atau menampilkan office assistant
*      Office on the web : menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalui internet
*       Activate product :mendeteksi aplikasi word
*       Detect and repair : mendeteksi dan memperbaiki program word
*      About Ms. Word :menampilkan kotak dialog tentang Ms. Word yang digunakan

4.   Mengatur Halaman (Setup halaman).
a.  Mengatur batas-batas kertas (margin). Margin adalah batas tepi kertas dengan batas tepi pengetikan/area teks. Untuk mengatur margin : menu file, Page setup, Margin.
b.  Mengatur ukuran kertas (paper size). Ukuran kertas dapat diatur  sesuai kebutuhan missal kwarto,folio,amplop atau ukuran-ukuran yang lain. (sesuai keinginan). Untuk mengatur ukuran kertas : Menu file, Page setup, Paper size, pilih ukuran kertas yang diinginkan.
c.  Mengatur arah persetakan (Orientation). Arah percetakan di kertas dilakukan secara vertikal/ tegak/ portrait maupun secara horizontal mendatar/landscape. Untuk mengatur arah percetakan : Menu file, Page setup, Paper size, Orinetation, pilih Potrait atau Landscape

3.      MENGEDIT DOKUMEN

a.   Membuka File
1.      Klik icon Open atau klik menu file – Open.
2.      Jika folder yang terbuka belum sesuai pilihlah folder dimana anda menyimpan file tersebut.
3.      Klik nama file yang akan dibuka.
4.      Klik Open.

b.      Memindah Kursor
Untuk menggerakkan kursor, ada beberapa cara yaitu :
1.      Dengan mengklik lokasi/titik yang kita inginkan, maka otomatis kursor akan pindah ke lokasi/tempat tersebut.
2.      Dengan menggunakan anak panah kiri, kanan, atas atau bawah pada keyboard
3.      Memindah kursor ke awal file : Ctrl + Home
4.      Memindah kursor ke akhir file : Ctrl + End
5.      Memindah kursor ke awal baris : Home
6.      Memindah kursor ke akhir baris : End
7.      Memindah kursor ke halaman tertentu : Ctrl + G
8.      Untuk melihat ke bawah 1 layar digunakan tombol page
9.      Untuk melihat ke atas 1 layar dunakan tombol Page up

c.    Mengedit Teks
1.      Menyisipkan teks, untuk menyisipkan teks pastikan tombol insert dalamkeadaanon(tanda OVR dibaris status tidk aktif), letakkankursor pada yang akan disisipi, ketik teks yang akan disisipkan.
2.      Menghapus teks, blok teks yang akan dihapus, tekan tombol del/delete untuk menghapus karakter di sebelah kanan kursor . tekan tombol backspace untuk menghapus karakter di sebelah kiri kursor.
3.      Membatalkan perintah yang pernah kita kerjakan : klik icon undo pada toolbar.
d.      Memformat Paragraf
Perataan paragraph
1. Pilih paragraph
2. Klik : klik icon left, right, center, atau justify pada toolbar formatting.

Dengan keyboard
Rata kiri : Ctrl + L, Rata Center : Ctrl + E , Rata kanan : Ctrl + R, dan Rata Justify : Ctrl + J.

e.    Menyimpan File/ Dokumen
     Langkah untuk menyimpan dokumen yang telah diketik adalah:Klik Menufile, save, (atauklikicon Save).
Keterangan :
1.      Kotak Savein, digunakan untuk menentukan dimana kita menyimpan dokumenya telah kita buat.
2.      Apabila kita ingin membuat tempat/ lokasi baru dokumen yang akan kita simpan tersebut, maka kita bisa menklik New Folder, beri nama folder tersebut.
3.      Jika nama folder sudah muncul klik kanan nama folder dimana kita akan menyimpan file, lalu klik Open.
4.      Setelah kita menentukan lokasi untuk file, klik kotak filename, lalu ketikkan nama file.

f.       Membuka File Yang Sudah Tersimpan
1.      Klik menu file dan klik tombol open, maka akan tampil kotak dialog open.
2.      Pilih file yang ingin dibuka dengan menentuka letak foldernya terlebih dahulu.
3.      Klik pada nama file yang akan dibuka.
4.      Klik tombol open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
g.      Menutup File  Dokumen
1.      Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft Word, pilih menu file, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang sedang aktif.
2.      Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.

h.      Mencetak  dokumen
Apabila anda ingin mencetak dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan dilayar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini :
1.      Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl + P). kotak dialog print akan ditampilkan.
2.      Pada tombol daftar pilihan nama, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
3.      Anda dapat tentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan  dan pengisian pada kotak Page Range.
*      Klik tombol pilihan All, jika anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
*      Klik tombol pilihan selection, bila anda ingin mencetak teks yang dipilih.
4.      Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari satu kali, isilah kotak isian Number Of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
5.      Pada tombol daftar pilihan print what, pilih dokumen bila ingin mencetak isi dokumen.
6.      Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan print.
*      All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap.
*      Odd Pages, jika anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
*      Even Pages.
7.      Klik Ok.

i.        Menutup Jendela Microsoft Word
Setelah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikanbahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang telah anda ketik  dan edit terlebih dahulu, baru kemudian keluar dari Microsoft Word.
1.   Pada jendela Microsoft Word, pilih menu file, klik exit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2.   Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
3.      Selain dengan menu file, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan menklik tombol X yang terletak dipokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.





BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan
1.   Di era globalisasi ini sangat di perlukan khususnya bagi pelajar untuk menguasai ilmu computer seperti Ms. Office (Word, Exeel dan Power Point).
2.   Para pelajar khusus atau masyarakat umumnya minimal harus tahu cara mengoprasikan computer terutam mengenai Microsoft Office Word.
3.   Microsoft Office Word sebagai salah satu ilmu komputer yang paling banyak dioprasikan diseluruh dunia.
4.   Miceosoft Office Word sangat bermanfaat untuk mengolah data baik membuat atau mengedit document.
B.    Saran
Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan ke system pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu Komputer yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan Negara-Negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis  merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengeti lagi mengenai apa itu komputer dan Microsoft Office Word.


DAFTAR PUSTAKA
http ://tyaeducationcomputer.blogspot.com / 2008/04/makalah-microsoft-office-word.html
http ://docs.google.com / document/d/1qXurs4vr8ntgbcd9mP0czfyB5Rmikh6v82xn9fvz8ro/edit?pli=1.
http ://nurhidayatdayat34.blogspot.com / 2013/01/makalah-microsoft-wordmicrosoft 4.html

No comments:

Post a Comment